Followers

Saturday, November 17, 2012

Missing Parts: Ke Luar dari Zona Nyaman, Rumah

Satu bulan setelah aku masuk kuliah, aku iseng-iseng bilang ke ibu kalau aku pengen ngekos. Ibu mengiyakan. Kalau kalian tau aku tinggal di Malang dan kuliah di Malang lalu ingin ngekos, pasti kalian kaget. Waktu itu aku berpikir kayak gitu soalnya aku mulai jenuh dengan perjalanan dari rumah ke kos yang harus aku tempuh lebih dari setengah jam naik angkot. Itu berangkatnya. Kalau pulangnya, jangan heran kalau sampai satu jam. Tua di jalan, mamennn!

Aku tinggal di Kabupaten Malang, tepatnya di daerah Singosari. Walaupun rumahku hanya beberapa menit dari kota, tapi butuh waktu yang tidak sebentar untuk ke pusat kota, apalagi ke daerah kampus yang notabene lumayan jauh dari pusat kota. Dengan jadwal kuliah yang padat, tidak menentu, ditambah kalau harus pulang malam waktu ada latian, waktu ada kerja kelompok, rasanya satu jam yang aku punya hanya akan habis di jalan dengan sia-sia dan sampai rumah aku hanya bisa tergeletak capek. Apalagi daerah Singosari dikenal banget dengan julukan daerah langganan macet. Akhirnya, aku woro-woro ke semua teman kalau ada kosan yang masih kosong, mereka kudu bilang ke aku :-p

Awalnya, bapak tidak setuju aku ngekos. Aku memang sudah bisa naik motor, tapi aku belum punya SIM. Kata bapak, "Nanti kalau sudah punya uang, bapak mau belikan mobil buat Dina sama Dini". Soalnya bapak tidak begitu rela aku naik motor, maklum, sejak aku operasi 2 tahun lalu, aku memang sangat dilarang untuk jatuh. Bapak juga bilang, "Apalagi Dina kalau ngerjain tugas sukanya berantakin rumah, satu kamar ga cukup buat ngerjain tugas. Nah kalau kos, nanti bisa stres soalnya ruangannya sempit, ga kayak di rumah". Aku sih awalnya iya-iya juga sama bapak, soalnya sebenernya kalau disuruh milih, emang lebih enak di rumah sendiri walaupun jauh, daripada di rumah orang. 

Tiba-tiba pas di kelas, temenku, si Ichy, dia nyamperin aku sambil bilang, "Eh Din, kamu jadi ngekos ngga? Di kosanku ada mbak-mbak mau pindah kos soalnya dia pindah universitas. Kalo iya, ayo liat-liat dulu". Mumpung ada kesempatan emas, lagian kalau nunggu ada kosan kosong tuh musti nunggu tahun depan, aku ga pikir panjang. Besoknya, aku ajak ibu sama bapak liat kosannya Ichy.

Dari luar, kosannya kayak rumah keluarga. Warnanya orange nyala. Ada warung nasi di terasnya. Kosan ini berhadapan langsung sama sebuah musola. Awalnya aku ragu mau masuk, aku kira ini kosan campur cowok sama cewek. Ternyata, memang yang rame-rame banyak cowoknya itu warnet. Iya, di kos ini juga ada warnetnya. Trus pas masuk, di dalem ada parkiran motornya. Ini dia Teram 52 C...alias Terusan Ambarawa No. 52 C, hihihihi lucu ya namanya.




Begitu masuk, langsung deh disambut sama jemuran seabrek


 Ada 15 kamar di kosan ini. rata-rata satu kamar diisi 2 orang. Hanya ada 4 kamar termasuk kamar yang bakal aku tempatin yang diisi oleh satu orang. Uniknya, di kosan ini ga ada kamar nomor 13, hihihihi.
Ini ruang tamu di mana pertama kali aku ketemu sama Pak Kos
 Setelah 2 kali "nengokin" calon kosan, akhirnya bapak dan ibu setuju kalau aku kos di sini. Memang, kosku lumayan jauh dari fakultasku karena kosku berada di daerah gedung UM bagian depan, sedangkan fakultasku ada di gedung UM bagian belakang. Jadi, aku diizinkan buat bawa si Magic ke kampus. Setelah perjanjian sana-sini sama Pak Kos, namanya Pak Imam, akhirnya aku resmi jadi warga baru Teram 52 C. Pak Imam orangnya baik sekali, alim, dan tidak banyak mengatur. Beliau hanya berpesan, kalau semua warga Teram 52 C harus solat berjamaah baik di kamar atau di musola depan kos. Dan yang bagus lagi, tiap malam minggu di Teram 52 C ada tafsir Al-Quran sama ustadz yang didatangkan langsung sama Pak Imam. Akhirnya bapak makin lega dan rela ngelepasin aku buat ngekos, "Pokoknya di luar pengawasan orang tua, harus makin rajin ibadah aja, kuliah yang bener". Oke sip bossss :'D

Ada ruang tivinya juga

Ada 3 kamar mandi yang suka jadi tempat rebutan cewek-cewek kece

Parkiran motor yang dipenuhi sama motor-motor matic anak kosan, termasuk si Magic :-)
 Waktu awal aku mindahin barang-barang ke kosan, aku butuh waktu 2 hari buat masukin semua barang yang pengen aku bawa ke kosan. Maklum, namanya juga cewek, bapak sampe bingung ke sana-ke mari nganterin aku yang suka ribet kalau ada yang ketinggalan. Bapak sengaja ngga ikut bantuin beres-beres biar aku mandiri, katanya. Akhirnya aku angkat-angkat barang, sapu-sapu, geser sana, geser sini, sambil kayak orang bingung waktu itu. Mana pas aku pindahan itu, kosan lagi sepi soalnya itu hari Sabtu, pada pulang kampung mungkin. Bagian yang aku takutkan adalah...bagaimana kalau nanti ada cicak lompat ke arahku, di sini tidak ada ibu, tidak ada yang bakal ngusirin kecoa atau cicak buat aku. Akhirnya ketakutanku kejadian beneran. Ada cicak nempel di dalem lemari pas aku baru mau masukin barang :'(. Bingung ga ngerti musti ngapain, setelah diem hampir setengah jam, akhirnya aku nyamperin ibu-ibu yang jualan di warung depan. Inilah percakapanku dengan beliau:
"Emmmm bu, permisi....boleh minta bantuan?" sambil kedap-kedip.
"Iya, bantuan apa mbak?" dengan suara beliau yang sudah bergetar karena efek usia.
"Hehehe...bisa usirin cicak ngga, bu? Ada cicak di lemari saya, hehehe," muka udah ngelupas nih.
"Oh iya, sebentar ya..."

(beberapa menit kemudian)

"Mana mbak, cicaknya mana?" sambil bawa sapu.
"Itu bu, di dalem lemari," udah kaku nih tangan sambil nunjuk.
"Wah, susah pakai sapu, ada lidi ngga?"
"(Wah mampus mau disate nih cicak) Ehhh, bentar bu saya ambilkan di luar,"

Setelah perkelahian panjang antara ibu itu dan si cicak nakal, akhirnya cicak pun kalah dan enyah dari lemariku. Fiyuuuh.
"Makasih ya bu, ibu namanya siapa?"
"Saya Bu Sumaryono, masih saudara sama Pak Kos,"
Begitulah perkenalanku dengan Bu Sumaryono.

Dapur pertama yang suka dibuat masak sama Bu Sumaryono, sayang nih kelupaan buat ngefoto dapur kedua yang biasa buat masak sama temen-temen

Warung kecil Bu Sumaryono pas lagi tutup

Warnet Mas Fuji yang selalu rame anak-anak kecil main game 
 Nah, di pintu depan ada warnet kecil yang dijaga sama mas-mas, namanya Mas Fuji. Gila nih orang baiknya kagak ketulungan. Dari yang mulai angkat-angkat galonnya temen-temen lah, nyalain air, nungguin yang pada pulang malem, nyuci motor, wuhhh, beruntung banget deh ada orang macam Mas Fuji di kosan.

Nah, sekarang waktunya bedah-bedah kamar aku nih, peeps.

Ini dia kamarku, kamar paling depan, kamar nomor 9! :-)

Kasurku pas masih polosan

Dua lemari kecil serbaguna

Lemari khusus belajar

Lemari khusus makanan ama riasan

Dapur mini, serbaguna banget nih pas lemarinya dibuka, bisa jadi meja






Oh iya, kalau kos di daerah Malang kota nih ya, jangan lupa bawa kipas angin. Soalnya Malang "kota dingin" itu cuman bo'ongan lhooo suer :-p

Si Violy yang selalu aku bawa ke mana aja

Kasur bawah yang engga kepake, biasanya aku pakai buat setrikaan nih
Hari-hari awal di kosan tuh bawaannya pengen nangis mulu. Ini nih yang dinamain sindrom awal ngekos. Ga bayangin deh temen-temen yang ngekos dari jauh-jauh sampe beda pulau yang bisa pulang pas liburan panjang doang. Kalo aku sih gampang, pengen pulang ya tinggal pulang naik motor. Oh iya, FYI, sejak ngekos, aku makin lancar naik motor lo...udah bisa ngebonceng, soalnya tiap pagi aku bonceng Ichy ke kampus. Uda berani di jalan besar, uda berani pulang-pergi ke Singosari (padahal ga ngantongin SIM). Dan semenjak ngekos, aku makin ngehargain waktu. Pulang dari kampus ga bisa seenaknya tidur gitu aja, inget ada cucian baju, piring, belom juga masak nasi, cari makan. Belum lagi kadang air di kosan mati, jadi buat mandi ga bisa seboros pas di rumah sambil luluran trus nyanyi-nyanyi, mana ada yang antri juga. Dan di lingkungan padat gini siap-siap aja sering pedamanan listrik. Belum lagi kalau tugas laporan numpuk, eh udah harus ada kegiatan yang lain, harus latian, harus gini harus gitu.

Rasanya air setetes itu berharga. Nasi sebutir. Waktu sedetik. Uang 500 rupiah pun. Semenjak jadi anak kos, aku jadi lebih ngehargain artinya keluarga. Jauh dari bapak yang selalu nurutin apa mauku. Jauh dari ibu, yang mau masakin apa yang aku pengen. Jauh dari kakak...dari Dini yang selalu siap dicurhatin. Di kosan, aku belajar berbagi sama temen-temen lain yang belum tentu satu pendapat. Di sini, aku belajar banyak, belajar jadi Dina yang ngga manja dan jadi Dina yang mau ke luar dari zona nyamannya, rumah :-)

Sekarang udah bisa senyum nih, ngekos itu asyik kok, selama...uang jajan belum abis, hihihi. Kiss bye :-* 

2 comments:

  1. waah, jadi banyak tahu gimana rasanya jadi anak kos. Jadi mikir dua kali buat kuliah diluar Surabaya tapi dilain sisi, kalo aku nggak keluar dari zona nyaman, kapan bisa dewasa dan jadi lebih baik? ._.

    ReplyDelete
  2. Nah bener tuh dek...coba sekali-kali ke luar dari zona nyaman :-D

    ReplyDelete

Comment here