Followers

Saturday, July 30, 2011

You Are Our Hero!

Hari itu aku sedang duduk santai di depan televisi. Tiba-tiba Dini, saudara kembarku, bilang bahwa ada kabar duka, status Facebook Mba Mita bilang bahwa seseorang telah kembali ke rahmatullah. Spontan aku langsung mencari tahu kebenarannya. Dan teman-teman skolioser mengatakan bahwa beliau memang telah meninggalkan dunia ini pada tanggal 23 Juli 2011 yang lalu sekitar 3 dini hari.

Prof.DR.dr. Subroto Sapardan SpB(K), SpOT . Beliaulah yang aku maksud. Seorang pahlawan tulang belakang yang telah meletakkan karya-karya mulianya di ratusan tulang manusia Indonesia. Aku memang tidak tahu banyak tentangnya. Aku bahkan tidak mengenalnya. Tetapi, berkat dia, dokterku dan dokter-dokter lain mendapat ilmu berharga untuk menyelamatkan hidup kami, para skolioser.

Setahun lalu dr. Subhan bilang bahwa beliau, dr. Broto, sedang bertarung dengan stroke, namun ia tetap berada di ruang operasi untuk membantu me-manage dokter lain, sekali pun itu beliau dalam keadaan sakit. Ya. Sakit.

Itu lah hebatnya beliau, walaupun aku tidak kenal, tapi aku tahu, jasanya sangat besar, khususnya buat skolioser Indonesia. Masyarakat Skoliosis Indonesia pun bukan apa-apa tanpa dokter-dokter pahlawan seperti beliau. Saat aku update Twitter-ku tentang beliau, Mba Tori, salah seorang skolioser yang juga kakak kelasku, baru tahu akan hal itu. Dan dia, teringat kembali masa 6 tahun silam di mana dia bertarung di kamar operasi dan diselamatkan oleh dr. Broto di salah satu rumah sakit di Jakarta. Dari cara dia bersedih, aku tahu, dia sangat berterima kasih kepada beliau. Dokter, lihat, kau telah menyelamatkan kami.

Ada, atau pun tidak ada, kami akan selalu mengenang jasa-jasa para dokter yang telah menyelamatkan semangat kami. Kami, para skolioser, akan selalu menjaga semangat untuk tumbuh dan berkembang sehebat, bahkan lebih hebat dari para manusia di luar sana. Karena kami yakin, kami luar biasa :')

Selamat jalan, dokter...

12 comments:

  1. Innalilahi wainaillahi rojiun.. semoga amal ibadah beliau diterima disisi-Nya amin

    ReplyDelete
  2. innalillahi.
    semoga segala amal ibadahnya diterima disisiNya dan beliau mendapat tempat terbaik disana. amiin :')

    ReplyDelete
  3. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Prof.Subroto ini dokter yg operasi skoliosis ku juga. Semoga beliau tenang dan bahagia disana :')

    ReplyDelete
  4. Oh ya? Beliau emang hebat, amin ;-)

    ReplyDelete
  5. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun... semoga amal ibadahnya di terima dan segala dosa nya di ampuni Allah SWT...

    Saya juga salah satu pasien beliau...

    ReplyDelete
  6. Amin Ya Allah...
    Oh ya? Wah...salam skolioser kak ;-)

    ReplyDelete
  7. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun... semoga amal ibadahnya di terima dan segala dosa nya di ampuni Allah SWT...

    Saya juga salah satu pasien beliau ...di tahun 80-an ...

    ReplyDelete
  8. Innalillahi wainnaillahi rojiun, beliau pun yang telah menyelamatkan ayah saya dari korban kecelakaan yang terjadi tahun 2008. Berkat ilmu dan kesabarannya, ayahku kembali sehat seperti sediakala.Trima kasih Prof.Subroto,semoga ilmu yang kau berikan bermanfaat bagi kesembuhan kami.

    ReplyDelete
  9. RIP Dr Subroto,saya baru mengetahui kalau dokter sudah di panggil Tuhan.Terima kasih atas jasamu yang telah berjaya operasi scoliosis saya 25 tahun yang lalu.ceria canda mu masih saya ingat dok,Tuhan akan membalas segala kebaikanmu

    ReplyDelete
  10. Ayahku pertama kali d operasi tulang belakang dengan titanium oleh beliau di rspi, thanks for good job dok

    ReplyDelete

Comment here