Followers

Friday, July 13, 2012

Long Holiday: Kawah Putih Ciwidey

30 Juni 2012

Liburan ini, aku sama Dini berangkat sendiri naik kereta ke Bandung. Dari Malang tanggal 28, jam setengah 4 sore dan sampe di sana jam setengah 8 pagi. Fiyuuh sekali duduk terus di kereta sampe pantat rasanya udah rata sama kursi.

Kami menginap di rumah kakak pertamaku, Mbak Anja, yang udah berumah tangga dan udah punya dedek kecil yang namanya Arsa. Arsa sering aku ceritain di blog juga, kan?

Nah, tanggal 30-nya mumpung hari Sabtu dan Mas Edo, suami Mbak Anja juga lagi libur, kita jalan-jalan gitu deh ke daerah Bandung Selatan, tepatnya ke Ciwidey. Di sana banyak obyek wisata alam dan tempatnya emang dingin banget, kalo di Malang semacam Batu-nya gitu deh. Dari daerah kota ke sana, butuh waktu 2 jam-an (itu kalo ga macet). Kita berangkat jam setengah 7 pagi, dan beruntung banget jalanan emang belum padat.


Mbak Anja & Arsa

Mas Edo & Arsa

Di sana emang dingin banget, tapi mataharinya terik banget, secara kita ada di dataran tinggi yang terpapar sinar matahari langsung.


Kalo masuk bawa mobil sampai ke daerah kawah, bayar 200ribu per mobil. Tapi kalo mau naik angkutan wisata, semacam shuttle car terbuka gitu, bayar 25ribu per orang. Karena kita cuman orang empat dewasa, jadi semacam sayang duitnya gitu deh kalo naik mobil sendiri dan itung-itung nikmatin alam wisata di sana pake mobil wisata kayaknya lebih enak, jadi kita akhirnya beli 4 tiket, Arsa ngga usah diitung soalnya digendong, hihi...
Akhirnya sampai juga di Kawah Putih!

Ini nih sejarahnya si Kawah Putih... Click to enlarge!
Di sana ada pemain kecapi yang menyambut kedatangan kita pake lagu-lagu Sunda.



Ini dia si Kawah Putih! Dulu banget, kawah putih ini ditakutin orang soalnya ga pernah ada burung yang terbang di atasnya, dan kawah ini selalu ngeluarin bau busuk yang dianggep racun sama masyarakat. Tapi, semenjak ditemuin sama orang Belanda yang penasaran sama kawah putih ini, ternyata jawaban dari ketakutan masyarakat akhirnya terpecahkan! Emang ga ada burung yang terbang di sana soalnya bau belerangnya bikin burungnya ga suka gitu. Dan akhirnya tempat ini dibenahi sampe jadi tempat wisata sebagus ini. Keren kan?



Di sini adem banget ngga nguatin, sampe kering semua ini muka. Jadi kalo mau ke sini jangan lupa minimal pake jaket deh :-D

Masih kepagian...jadinya masih sepi

Ati-ati kalo jalan jangan keminggiran ke arah danau belerangnya, ntar nyetak sendal kayak Dini nih...

Nyesel kan dia :-D



Ciela...Mbak Anja pengen banget foto kayak pas masa muda dulu, liatnya sambil nyetel lagu Sepanjang Jalan Kenangan ya :-D

Penasaran gitu deh air danaunya panas apa engga, ternyata engga lho...

Aduuuh Dini tenggelam -______-


"Ganteng ngga guehhh?"

Udah mulai siang udah mulai panas ternyata, pose dulu deh...



"Eh, liat-liat apa loe?"

"Gue timpuk pake batu loe"


Mbak Anja pengen gaya ABG nih, sayang banget udah gendong anak, hihihi

Ada goa terlarang gitu deh di sini, masih penasaran apa isinya. Cuman mungkin bukan terlarang aja, mungkin takutnya ada semburan belerang dadakan atau karena tebingnya dari belerang, takutnya roboh gitu atau gimana (apaan sih sok taunya kumat kan)

Nah, kembali ke pangkalan shuttle, kita lanjutin perjalanan ke Situ Patenggang!

2 comments:

  1. Wah sepertinya tangga sama jalan ke kawahnya sudah diperbarui. 2010 lalu juga belum ada tulisan "Kawah Putih" yang besar itu ;D

    ReplyDelete
  2. Oh ya? Wah beruntung deh aku dateng pas udah diperbarui (lhoh?) :-D

    ReplyDelete

Comment here