Followers

Saturday, July 28, 2012

My Friend, My Inspiration

Hai, peeps! Posting kali ini aku dedikasikan buat orang-orang yang udah menginspirasiku. Dan dengan di-publish-kannya entri ini, resmi pula tag “inspiration” nempel di blog-ku. Setelah dulu aku bercerita tentang temanku yang bernama Mia, kali ini aku bakal kasih beberapa cerita tentang sahabatku bernama Tajuddin.

Muhammad Tajuddin Zain. Seperti Nabi Muhammad, orang-orang bernama Muhammad rata-rata memang, percaya atau tidak, sedikit banyak memberi inspirasi buatku. Dia biasa dipanggil Taju, Taj. Udin, atau Didin. Tapi dia lebih suka dipanggil dengan sebutan yang berakhiran “Din”, karena “Din” dalam Bahasa Arab artinya agama. Dia lahir di Surabaya, 15 Februari 1995, lebih muda setahun dari aku dan teman-teman kelasku waktu SMA dulu. Bahkan, dia terpaut 2 tahun dari siswa tertua di kelasku (emmm emmm maksudnya paling dewasa ya, ngga enak banget juga dibilang tertua :-D). Tapi kalo diliat dari luar, orang bakal ngira kalo dia lebih dewasa dari umurnya. Dia tinggi besar, wajahnya dewasa, dan kekakak-kakakan walau nyatanya kadang masih kekanak-kanakan.

Dulu, Didin anak baru, pindahan dari Kalimantan waktu kami kelas 11. Dia pendiam sekali waktu itu. Duduk di depan tanpa sering melihat ke belakang. Maklum, anak sesupel dia pun ternyata bisa kena sindrom “anak baru” yang malu-malu kucing. Aku bisa ngerti soalnya aku dulu juga pernah jadi anak pindahan waktu SD. Apalagi hidupnya nomaden. Dari Surabaya, Bandung, Balikpapan, Samarinda, di mana saja, aku sampai lupa. Dia duduk sebangku dengan Akbar yang juga anak pindahan. Cukup tau sajalah dia anak baru dan aku tau namanya dari daftar presensi kelas karena waktu itu aku jadi sekretaris kelas, dan aku ga tau panggilan dia apa. Aku tidak mengenalnya dan aku keburu meninggalkan kelas 1 bulan untuk operasi skoliosisku di Purwokerto. Malam sebelum aku operasi, dia menyapaku di chat Facebook dan memberikan ucapan “Good luck buat operasi skoliosismu”. Sejak saat itu aku tahu, panggilannya Tajuddin.

Dia tidak terlalu pintar, tapi dia cerdas. Wawasannya cukup luas dan enak diajak berdebat. Tiap guru melontarkan pendapat, dia ikut berpendapat. Tiap kali diberi kesempatan bertanya, tangannya tidak pernah absen. Apalagi soal agama. Dia sangat suka ilmu agama. Buat dia, Islam itu bukan main-main. Bahkan dia selalu mengingatkan teman-teman dengan SMS tausiyah yang ia dapatkan dari Aa Gym. Dia sering sekali menasihati anak perempuan di kelas untuk menutup aurat mereka. Dan ada satu pesen dari dia yang aku inget sampe sekarang, “Aneh ya rek, orang yang selalu solat 5 waktu kok mesti diheranin, dibilang rajin solat. Padahal, solat itu kewajiban, ga masalah rajin engganya. ga mandang buat siapa pun selama dia Islam. Kudunya, orang yang ga pernah solat itu yang diheranin, kenapa mereka males solat,”.

Dia tidak terlalu disiplin, tapi tidak nakal. Dia usil, tapi sentimentil. Jangan ditanya, kalo ngomongin hal yang nyenggol hati dikit, dia langsung ingat. Ingatannya kuat banget. Bahkan dia yang ngingetin aku buat nge-post entri ini padahal aku udah janji dari berbulan-bulan yang lalu, hihi. Dan dia suka mikir sampe kayak orang lagi ngerjain soal essay Fisika. Kalo ditanya siapa orang yang paling sentimentil di kelas, kalo cewek itu mungkin aku peringkat duanya. Tapi kalo cowok, Didin peringkat satunya. Aku akui. Pernah dulu aku salah ngomong sama dia. Aku anggep biasa dan selesai begitu saja dengan kata maaf. Tapi buat Didin beda. Maaf itu ngga sekedar kata-kata. Sudah dibilang. Jangan coba-coba deh cari masalah sama anak yang kritis. Soalnya, dia ga mau gitu aja instan nerima sesuatu. Bahkan buat kata maaf pun, kita harus bener-bener ngeyakinin dia, dengan alasan yang logis dan bikin dia tenang dan yakin kalo itu kata maaf yang sesungguhnya, hihihi ya kan, Din?

Bicara soal first impression, dia jagonya. Tanya saja pada semua cewek di sekolah. Terutama cewek yang mengutamakan kharisma. Didin memang ngga terlalu ganteng. Tapi rata-rata cewek bilang dia manis. Hitam manis mungkin tepatnya. Dia jago banget kalo urusan seni. Dia jago main gitar. Dia belajar gitar dari kelas 5 SD. Dan aku berhutang main drum di depan dia sampe sekarang, hahaha. Suaranya juga merdu banget. Bahkan bisa bikin cewek-cewek meleleh tiap dia nyanyi. Aku punya satu rekaman pas aku, dia, dan Ridho lagi iseng-iseng nyanyi di rumahku. Rasanya malu banget suaraku yang cempreng ga karuan kayak Minnie Mouse kecepit ini disandingin sama penyanyi sekelas Ipang kayak dia.

Didin (kanan) sama Mahmud waktu di Festival Teater dan Musik Stetsa 2011

Ngga cuman seni musik, dia juga jago banget kalo masalah seni rupa. Desain perspektifnya tiap di kelas seni sering banget dipuji sama Pak Joko. Dan menurutku, dia orang keempat setelah Mahmud, Ressy, dan Radea yang gambarnya paling sering dipuji. Pernah juga dia memberiku hadiah ulang tahun sebuah sketsa wajahku.

Dan sebuah guntingan siluet wajahku. Beruntungnya aku, aku adalah orang pertama yang dikasih karya siluet pertamanya Didin! Hahaha :-D

Dia juga suka banget sama fotografi, kalian bisa intip di site khusus hasil fotonya, cuman site-nya lama ngga dirawat nih kayaknya.

Ngga cuman itu, dia juga jago akting lho! Aku memang ngga terlalu jago akting. Tapi aku menghabiskan masa kanak-kanak dan remajaku dengan menulis buku cerita, novel, blog, mengikuti kelas akting, teater, membuat film, atau apa pun yang berhubungan dengan seni peran. Nah, tiap ada kegiatan yang berhubungan dengan teater di sekolah, sayang banget kalo aku ngga ngajak si Didin. Soalnya, orang yang jago akting ato engga itu, potensinya bisa diliat dari gesture-nya saja. Dan aku memang tidak salah sudah 2 kali menjadikan dia peran utama di 2 judul drama yang pernah aku lombakan di sekolah. Dan 2 kali pula kelas kami menjadi juara!


Didin waktu di Stetsa Art Festival


Waktu praktik drama kelas

Buat ukuran anak baru, Didin tergolong anak yang gampang banget bergaul. Bahkan dia jarang banget absen kalo main sama anak sekelas. Ga jarang juga kadang dia yang punya ide duluan buat ngajak main anak sekelas. Bahkan saking supelnya, dia juga udah akrab banget sama kakak-kakak kelas dan punya komunitas parkour kecil-kecilan di sekolah. (Jadi kalo liat orang loncat-loncat genteng di sekolah itu bukan ninja atau bajing lompat, tapi anak-anak parkour di sekolah kami :-D). Nama komunitas itu Lepast, Le Parkour Stetsa.

Hayooo, kalo diuraikan kelebihan-kelebihannya Didin, cewek mana coba yang engga minat sama dia? “Kharismanya itu lho!”, ucap salah satu temanku yang pernah naksir sama dia. Uniknya, dia anti pacaran. “Aku ga mau pacaran sebelum aku bisa kerja dan siap, rek. Buat apa pacaran kalo masih pake duit orang tua”. Alasannya mungkin tidak terlalu berdalil naqli. Tapi dia bisa membuat kita mengangguk dengan dalil aqli-nya.

Tapi, pernah kan dulu aku bilang di blog-ku? “Kamu bisa saja menghindar dari truk besar di jalan raya, tapi kamu tidak bisa menghindar dari debu yang tidak kelihatan. Apalagi kamu sudah besar”. Itulah cinta. Bahkan buat orang semacam Didin yang aku kira kotak cintanya ditabung di bank cinta pun bisa jatuh cinta. Ga ada yang bisa ngehindar dari cinta, ya kan? Didin pernah suka sama salah satu teman kelas kami. Ternyata dia juga manusia, kan? (Awalnya aku kira Didin itu alien). Kalo masalah yang ini tanya Didin aja deh ya, soalnya jurnalistik pun juga punya kode etik, ga boleh asal ngumbar privasi orang, ya ;-) (ditujukan buat semua infotaiment di dunia yang pernah ada).

Sebenernya masih banyak banget yang bisa aku ceritain dari sahabatku yang satu ini. Saking banyaknya, mungkin sampe aku punya anak-cucu pun ngga bakal kelar deh masa SMA sama temen-temenku kalo diceritain. Ngga kerasa banget, kayaknya baru kemarin aku kenal Didin. Baru kemarin aku kenal teman-teman dan merasakan kebersamaan SMA yang indah banget, yang emang bener kata orang-orang tua zaman dulu, “Masa SMA adalah masa yang paling indah”. Ga salah kalo banyak banget lagu yang judulnya berembel-embel SMA. Sungguh, aku ingin rasanya balik ke masa SMA.

Inspirasi yang bisa aku dapetin dari Didin, aku musti belajar banyak sama dia tentang ilmu adaptasi yang ga semua orang bisa. Soalnya orang tuaku bukan orang asli Malang. Butuh waktu lama bahkan buat sekedar beradaptasi dengan tetangga, itu juga yang bikin aku agak “anak rumahan” setelah aku pindah SD ke kota. SMP pun aku masih belum bisa beradaptasi karena tidak banyak teman SD-ku yang se-SMP. Waktu SMA, aku dimanjakan dengan banyaknya teman SMP di SMA-ku. Dan sekarang, aku diberi kesempatan mencoba sama Allah untuk benar-benar beradaptasi dengan kampus baruku yang tidak satu pun anak SMA-ku yang masuk jurusanku. Maklum, semua temanku rata-rata masuk Universitas Brawijaya yang notabene memang dipersiapkan buat putra-putri Kota Malang. Sedangkan di Universitas Negeri Malang, aku bakal dapet banyak pengalaman dari teman-teman dari daerah mana pun di Indonesia, aku akan mencoba J

Kedua, dia menginspirasiku sebagai sama-sama pecinta seni. Dari dia, aku bisa belajar kalo dunia itu ngga terbatas. Apa yang pengen kita lakuin, kita lakuin aja. Kita pengen jadi penyanyi, penari, aktor, pelawak, apa pun itu, jangan cuman sekedar pengen. Tapi, tiap ada kesempatan, cobalah. Engga usah peduli gagal atau pun belum bisa. Itu hanya bonus. Dari dia, aku belajar kalo orang istimewa itu bukan cuman sekedar pintar di akademik. Tapi pengembangan otak kanan juga dibutuhin. Seimbang. Setidaknya, aku bisa belajar banyak bukan buat jadi “seorang ahli seni”. Tapi sebagai seseorang yang “sudah pernah berani mencoba”.

Ketiga, aku belajar dari dia. Sejauh mana pun kebebasan kita, kita harus ingat apa yang menjadi pedoman kita. Dan kita engga boleh lupa sama Sang Pencipta di mana pun kita berada.

Paragraf terakhir dari posting ini aku tulis saat aku sudah menerima kabar baik bahwa Didin sudah diterima melalui jalur Seleksi Penelusuran Minat dan Bakat Universitas Brawijaya program pendidikan Teknik Bioproses. Selamat, Din...walau pun kamu engga masuk Pendidikan Dokter seperti yang kamu inginkan, mungkin Allah punya rencana baik lain yang kamu butuhin, dan kamu bisa jadi “dokter” di bidang lain. Oh iya, di mana pun kamu nanti, entah itu di Malang, luar Malang, luar Jawa, luar Indonesia, bahkan Jerman seperti yang kamu impikan, jangan lupain aku sebagai sahabat yang pernah berjuang bersama di masa remajamu ya, aku tunggu kabar baikmu dan kabar baik semua sahabatku. Thanks friends, you have inspired me. You are inspiring me. You inspire me. You will always inspire me J

Aku tunggu kabar dari semua temanku dan nanti waktu kita udah gede kita bisa bilang, "Itu dia, iya, dia yang sukses itu teman lamaku!".

Contact him on:

Twitter or Blog or Facebook.

1 comment:

Comment here