Followers

Sunday, July 29, 2012

SEDIH SEKALI SAYA TELAH MELANGGAR HAK CIPTA

Pagi ini aku nyoba ngecek akun YouTube-ku yang lama udah ngga keurus. Tiba-tiba aku dapet ini di video manager-ku.

Click to enlarge
Di situ dilaporin kalo aku udah ngelanggar beberapa hak cipta lagu yang jadi backsound video dokumenterku kemarin.
Dan ada beberapa negara yang udah ngeblokir penayangan video ini. Salah satunya Jerman.

Walaupun di akhir video udah aku cantumin judul lagu dan nama penyanyinya, tapi tetap saja, memang aku yang salah tidak memberi tag lagu yang jelas di videoku. Kalau aku jadi yang punya lagu, tentu saja aku akan melakukan hal yang sama atas kekayaan intelektualku. Menyesal sekali sudah mendapat notifikasi ini pagi-pagi. Aku utak-atik tidak tau harus diapain ini. Akhirnya aku menambahkan tag ke videoku, tapi aku belum tau pasti bagaimana caranya agar bisa mencantumkan backsound dengan resmi di sini.

Buat yang tau bagaimana caranya, tolong kasi tau saya ya, bisa komen atau kontak saya di mana saja. Soalnya, hak kekayaan intelektual itu hak yang paling mahal. Apa kabar teman-teman yang suka nyantumin foto, lagu, video orang lain di website tanpa mencantumkan sumber yang jelas? Mari sama-sama mulai menghargai hak kekayaan intelektual sekecil apa pun ;-)

No comments:

Post a Comment

Comment here