Followers

Monday, November 07, 2011

Happy Birthday to Mocca



Pernah tidak, mengalami hal seperti ini? Bagaimana jika orang yang kamu sayangi akan berulang tahun 2 jam lagi dan kamu belum mempersiapkan kado apa pun? Yap. Rasanya sangat mendebarkan. Menakutkan. Menegangkan. Takut kalau seseorang itu akan kecewa dengan kita. Takut jika kita akan dicoret dari list orang tersayang yang ada pada mereka. Takut kalau kita tidak bisa menjadi sahabat. Kurang lebih seperti itulah apa yang aku dan Dini, saudara kembarku rasakan.

Akhir Oktober lalu, Mocca, band indie asal Bandung yang sudah kami sukai sejak masih SD, berulang tahun yang ke-12. Para Swingingfriends, komunitas pencinta Mocca mengadakan kontes yang bertajuk Mocca HBD Contest. Kontes ini bertujuan memilih 2 pemenang yang bisa mengucapkan 'happy birthday' ke Mocca sekreatif mungkin melalui foto, video, tulisan, dan lainnya. Nah, aku dan Dini baru tahu kontes ini satu hari sebelum batas akhir pengumpulan.

Sebenarnya bukan masalah jika waktu yang tersisa adalah 1 hari. Yang dipermasalahkan adalah, aku dan Dini sudah kelas 12. Jadwal belajar kami padat, belum lagi tugas dan ulangan yang segudang, membuat kami baru bisa memulai mengerjakan video ini 3 jam sebelum batas akhir pengumpulan. Apalagi di website Mocca, tercantum counter batas waktu pengumpulan. Kami langsung berteriak menanggalkan semua buku kami dan cepat-cepat menyusun ide video apa nantinya. Dengan keterbatasan waktu, akhirnya kami cepat-cepat membuat video ucapan ini dengan terlebih dahulu menyalakan lilin yang nantinya akan kami tiup. Sebelum itu, kami harus men-charge kamera pocket kami yang baterainya sudah di ambang batas kemiskinan. Belum sempat penuh baterainya, kami langsung cepat-cepat membuat video hancur yang sudah lebih dari 5 kali take.

Kami menggabung-gabungkan semua foto-foto kreatif yang pernah kami buat untuk Mocca, dan menyiapkan lagu apa yang akan kami pakai. Aku mengeditnya dengan kecepatan super duper ekstra ultra cepat, sampai-sampai komputer butut kami meroweng tanda kecapaian. Mana software Movie Maker kami sempat error saat kami memakainya. Dini terus saja melihat timer count-down di website Mocca. Dia juga sempat membuka video kiriman peserta lain yang menurutku lumayan lucu. Aku sampai marah-marah kepadanya karena hal itu hanya akan membuat aku semakin frustasi. Semua orang sudah tertidur lelap di rumah ini. Tinggal aku dan Dini yang terjaga demi pemusik penghilang jenuh kami. Malam itu tanggal 31 Oktober, dan hari sudah menunjukkan tanggal 1 November saat video ini selesai aku edit.

Timer menunjukkan pukul 12 lewat, dan aku belum mengunggahnya ke e-mail yang disediakan. Akhirnya kami berhasil mengunggahnya, dan kami harap-harap cemas apakah kami tertinggal atau tidak. Sampai jam 1 malam, kami belum juga mendapat balasan. Akhirnya kami pasrah, kami perlu istirahat. Aku dan Dini tidur bersama di kamar Dini sambil sama-sama cemas. Apakah kado itu diterima atau tidak.

Dua hari kemudian, aku mendapat mention dari akun Twitter pacar kakakku. Dia tanya, "Bagaimana, menang tidak?". Aku hanya menjawab, "Memang sudah ada pengumumannya? Pesimis, mas,". Dan beberapa menit kemudian, ia men-chat-ku lewat Facebook. Selamat ya, Dina-Dini, kalian menang! Spontan aku tidak percaya, lalu aku membuka Twitter @Moccaofficial untuk mendapat kepastian. Dan... Ternyata memang benar! Kami menang! Oh God! Kami menang!

Click to enlarge:

Inilah beberapa tweets dari akun official Mocca


Kak Arina, sang vokalis juga menyempatkan diri lho :')



Ini bukti bahwa kami menang, 2 pemenang utama akan dipajang di page paling atas. Kami juara dua, dan juara satunya juga tidak kalah menarik, bahkan sangat kreatif karena dia mengarang lagu sendiri lho untuk Mocca, salut!


Aku tidak menyangka, kami bisa menang. Padahal awalnya kami kurang persiapan, ditambah lagi pesimistis yang sangat tinggi membuatnya mustahil rasanya untuk menang. Bahkan lebih dari itu ternyata, kami bisa puas. Bukan karena hadiahnya yang kami cari, tapi kami senang, bisa mengutarakan ketulusan kami dan menunjukkan pada semua bahwa kami bisa :-D. Happy birthday, Mocca. Tetap bersinar...

2 comments:

  1. Wahhh senengnya.... SElamat ya!! hadiahnya apa tuh Na??

    ReplyDelete
  2. Hehe, makasi :-D Hadiahnya merchandise dari Mocca, mba ;-)

    ReplyDelete

Comment here