Followers

Monday, November 07, 2011

Tren Manisan

Entah kenapa akhir-akhir ini marak makan manisan di kelasku. Semua bermula ketika Mbak Atik, penjaga Kopsis menjual manisan mangga dan anak-anak kelasku selalu berebut ketika ada yang beli. Dan otomatis, manisan di Kopsis selalu habis terjual. Saking gemesnya banyak yang ngga kebagian, kami berinisiatif untuk membuatnya. Beberapa cewek termasuk aku, berlomba-lomba untuk memasak manisan sendiri. Nana dan Pipit, temanku, sampai rela muter-muter nyari orang yang punya pohon mangga yang masih muda. Bahkan Ridho, seorang cowok pun ikutan bikin manisan mangga. Kebetulan sahabatku, Ernita punya pohon mangga di rumahnya, jadi aku tidak usah mencari jauh-jauh, hehe. Mari memulainya!

Kupas mangga muda lalu potong-potong, satu mangga saja bisa jadi banyak, lho...


Rendam di air garam, angkat. Lalu Campurkan gula dan cabai yang telah dipotong-potong ke dalam air matang sedikit saja. Rendam hasil rendaman mangga yang tadi di dalam air tersebut. Bila mangga sangat keras, rebus sebentar agar sedikit empuk, dan warna mangga menjadi kuning tua.


Masukkan kulkas semalaman agar mangga terasa lebih enak. Nah, sekarang saatnya dibungkus. Ini kali kedua aku membuatnya dan aku bawa ke sekolah. Ingat, sebelum makan manisan, isi perut dulu ya ;-)



No comments:

Post a Comment

Comment here